Tanah Airku

PERTANIAN CIANJUR ; PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA

Tidak dapat dipungkiri bahwa secara sosiologis,demografis dan ekonomis, pertanian merupakan sektor yang memiliki keunggulan komparatif bagi Kabupaten Cianjur . Budaya masyarakat dengan dukungan agroklimat yang memadai telah terbukti menjadikan Cianjur  sebagai salah satu sentra produksi pertanian yang diandalkan khususnya sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Dengan jumlah produksi gabah 800.000 ton GKG/tahun menjadikan Kabupaten Cianjur  nomor 6 (enam) sebagai penyumbang terbesar terhadap jumlah produksi gabah di Propinsi Jawa Barat (BPS,2014).  Selain itu sektor pertanian masih terbukti sebagai salah satu sumber mata pencahrian sebagian besar masyarakat Cianjur .
Dari jumlah angkatan kerja  sebanyak 1.026.245 (BPS,2014) sebanyak 41,96% (430.612 orang) bekerja di sektor pertanian. Hal ini menjadikan sektor pertanian menjadi tempat bergantung sebagian besar penduduk Cianjur .  Melihat data statistik (BPS,2015) antara tahun 2013 - 2015 bahwa sumbangan sektor pertanian terhadap PDRB Kabupaten Cianjur  sebesar 37 % . Kenyataan ini menunjukan bahwa secara struktural pertanian masih menjadi penopang perekonomian Cianjur .
Dengan melihat alasan tersebut di atas sangat beralasan bilamana sektor pertanian Cianjur  perlu mendapatkan ekstra perhatian dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Cianjur  khususnya. Fakta dilapangan menunjukkan meskipun sejauh ini pertanian telah memberikan kontribusi dalam roda pembangunan di Kabupaten Cianjur , tetapi tidak luput dari sejumlah permasalahan yang dihadapi saat ini.  Kondisi ini tentunya menjadi tantangan bagi semua pemangku kepentingan (stakehoder) yang ada dilingkungan Pemkab Cianjur , bagaimana upaya yang dilakukan dalam rangka memaksimalkan peran sektor pertanian untuk memenuhi hajat hidup seluruh warga Cianjur , dan yang lebih penting bagaimana caranya agar pertanian menjadi poros perekonomian yang handal bagi Cianjur .
Visi Kabupaten Cianjur  dengan slogan Cianjur  lebih maju dan agamis, secara prinsipil memberikan ruang yang leluasa bagi sektor pertanian agar lebih maju dan produktif. Dengan memaksimumkan segala potensi yang ada dan kekhasan yang dimiliki Cianjur , diharapkan pertanian Cianjur  mampu merambah lingkungan global. Serta menjadikan Cianjur  sebagai sentra pertanian dan menjadi tujuan (destinasi) wisata pangan baik regional,nasional, maupun global (Internasional). 

Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan sebuah upaya yang mendasar dalam upaya mengatasi sejumlah problema yang dihadapi dalam sektor pertanian Cianjur.  Melalui paper ini kami berupaya mencari solusi terhadap sejumlah masalah pokok yang di hadapi, dan alternatif jalan keluar apa yang mungkin bisa dilakukan. ? ....read more..unduh dokumen

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERTANIAN CIANJUR ; PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA "

Post a Comment