Tanah Airku

Peran PPL dalam Pertanian Cianjur

Peran Serta PPL Mengupayakan Peningkatan Produktivitas Pangan (padi) di Kabupaten Cianjur perlu ditingkatkan lagi. Mengingat peran PPL dalam posisi pembangunan pertanian sangat penting dan strategis.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Peran PPL dalam Pertanian Cianjur"

  1. Setuju Bosss. Tapi Eksistensi Penyuluh di Masyarakat dan Pemerintahan sampai saat ini bagaimana kondisinya? Apakah ini juga PR bagi para Penyuluh sendiri atau Pemerintah?

    ReplyDelete
  2. Okey komentar anda cukup cerdi bung zayyan. tapi bagaimanapunjuga sebagai petugas yang bekerja dengan memegang teguh nilai-nilai profesionalisme. kita tentu setuju kalau kondisi saat ini tentang kinerja PPL masih kurang optimal. baik dalam kedududkannya sebagai agen pembaharu bagi kemajuan petani, maupun sebagai pegawai negeri sipil yang merupakan refresentasi lembaga pemerintahan. hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
    1. PPL kurang memahami peran dan kedudukannya dalam posisi pembangunan pertanian secara umum. mereka terjebak dalam rutinitas kerja yang tak mempunyai orientasi masa depan
    2. kurangnya pembinaan dan up grading akan kebutuhan profesi penyuluh sebagai tenaga teknis yang berkeahlian khusus.
    3. Belum adanya jamianan masa depan tentang karier penyuluh
    4. Tantangan yang dihadapi baik yang bersifat internal (SDM) maupun eksternal cukup berat dan kompleks.
    Nah....kalau seandainya semua PPL menyadariakan beberapa hal yang kami sebutkan niscaya akan memenuhi harapan kita akan eksistensi PPL untuk masa yang akan datang di tengah-tengah masyarakat.
    sekian terima kasih ..

    ReplyDelete