Tanah Airku

Pengendalian Hayati


Apa Pengendalian Hayati itu ?
Pengendalian hayati adalah hasil dari asosiasi berhagai spesies organisme yang berbeda seperti parasitoid dan inangnya,  predator dan mangsanya, serta  patogen  dengan inangnya.  Fenomena ini dinamik karena pengaruh berbagai faktor lingkungan  biotik dan abiotik. Dalam konsep PHT, pengendalian hayati memegang peranan yang  menentukan karena semua teknik pengendalian yang lain secara bersama ditujukkan  untuk mempertahankan  dan memperkuat berfungsinya musuh alami  sehingga  populasi  hama  tetap  dibawah  aras  ekonomi.
Apa Bedanya Pengendalian Hayati dengan Pengendalian Alami?
Pengendalian hayati atau  biological  control  dapat dibedakan  dengan  pengendalian alami atau  natural control. Pengendalian hayati merupakan strategi pengendalian hama yang dilakukan secara sengaja memanfaatkan atau memanipulasi musuh alami  untuk  menurunkan atau mengendalikan  populasi hama. Pengendalian alami merupakan proses pengendalian yang berjalan sendiri tanpa ada kesengajaan yang dilakukan oleh manusia.
Apa Keuntungan Dari Pengendalian Hayati?
Dibandingkan dengan  teknik  pengendalian  yang lain  terutama pestisida,  pengendalian  hayati  memiliki  tiga keuntungan yaitu : permanen, aman dan ekonomis.
Beberapa kebaikannya yaitu 
- Selektifitas yang tinggi dan tidak menimbulkan hama baru 
- Organisme yang digunakan sudah ada di alam 
- Organisme yang digunakan dapat mencari dan menemukan hama sendiri 
- Dapat berkembang biak dan menyebar
- Hama tidak menjadi resisten atau kalaupun terjadi sangat lambat 
- Pengendalian dapat berjalan dengan sendirinya 
- Tidak ada pengaruh sampingan yang buruk seperti pada pengamatan pestisida.
Kemudian adanya populasi hama  yang meningkat sellingga merugikan petani  secara ekonomi disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang memberi dukungan kepada musuh alarm untuk men.jalankan fungsi alaminya.
Apa Prinsip  Dari Pengendalian Hayati?
Ada dua prinsip pada pengendalian hayati yaitu mengimpor (introduksi) dari luar/daerah lain untuk dilepaskan didaerah  wabah tersebut yaitu dengan melepaskan musuh alami dengan  cara-cara introduksi, augmentasi, inundasi atau manipulasi.
Dalam hal meningkatkan peranan agens hayati atau musuh alami ditempuh jalan :
-  lntroduksi adalah memindahkan atau mendatangkan musuh alami dari suatu  daerah/negara asal ke daerah baru/dalam negeri dalam upaya mengendalikan hama 
-  Menambah secara berkala (Augmentasi) adalah penambahan jumlah musuh  alami melalui   penglepasan musuh alami dilapangan dengan tujuan untuk meningkatkan peranannya dalam menekan populasi hama 
-  Membanjiri (inundasi) adalah penambahan musuh alami dalam jumlah banyak dengan tujuan dapat menurunkan populasi hama dengan cepat sampai pada tingkat yang tidak merugikan 
-  Manipulasi lingkungan (Konservasi) adalah semua upaya yang bertujuan melestarikan/melelihara musuh alami yang sudah ada di lapangan antara lain dcngan perbaikan bercocok tanam, pengaturan jarak tanam dan penyediaan sumber daya.
Apa Kendala Dari Pengendalian Hayati?
Kendala utama dalam penerapan  dan pengembangan pengendalian  hayati adalah modal investasi  permulaan yang besar yang harus dikeluarkan untuk kegiatan  eksplorasi, penelitian, pengujian dan evaluasi terutama yang menyangkut berbagai  aspek dasar baik untuk hama, musuh alami ataupun tanaman.  Aspek dasar dapat  meliputi taksonomi, ekologi, biologi, siklus hidup, dinamika populasi, fisiologi dan lain  sebagainya.  Identifkasi yang tepat baik untuk jenis hama maupun musuh alaminya merupakan langkah awal yang sangat penting. Apabila identifikasi kurang benar maka diperoleh kesulitan dalam mempelajari sifat-sifat kehidupan musuh alami dan langkah kegiatan selanjutnya. Selain itu fasilitas yang lengkap disertai dengan tersedianya SDM terutama peneliti yang berkualitas dan berpendidikan khusus serta berdedikasi tinggi sesuai dengan yang diperlukan untuk pengembangan teknologi pengendalian hayati. Sampai saat ini tenaga ahli dengan kualifikasi demikian masih sangat jarang tersedia di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengendalian Hayati"

  1. Dahsyat, Pak Dadan, Infonya...

    Kayaknya bagus Pak klo ditambahkan Gadget dari http://www.widgeo.net/?ref=geo , jadi bisa tau yg dateng dari mana dan berapa.

    Kunjungan
    Pak Dadan, saya ada bisnis bagus, Pak.

    Komisi alhmd baru Rp 1.36juta per minggu, Pak.

    Barangkali berminat, bisa dibaca di sini, Pak:

    www.Mega-Sukses.com - Sukses Bisnis dari Rumah

    Jika tdk bisa dibuka via Mozilla, coba pake browser lain. Thx.

    ReplyDelete
  2. pengen jelas kumaha carana ndri....mending ketemu lngsung minta dijelasin!

    ReplyDelete