Jun 14, 2011

Rambutan Arialaka

Rambutan asli asal cianjur 



Nama Varietas
:
Rambutan Varietas Arialaka
Nomor SK
:
377/KPTS/SR.120/1/2009
Tanggal
:
23 Januari 2009
Asal
:
Desa Sindangkala, Kecamatan Karang tengah Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat
Golongan
:
klon
Potensi Hasil (max)-
:
600 
Keterangan
:
beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan altitude 100 - 500 m dpl
Contact Person :
Bp.H.Ridwan Suwandi
Kp.Sindanglaka RT/RW  01/01 Desa Sindangaka Kec.Karangtengah-Cianjur
Tlp.0857 2293 0000  atau via email

Peluang Usaha Berkebun Jambu Jamaika


Jambu jamaika merupakan sejenis tanaman buah yang memiliki kandungan air yang cukup besar. Saat ini perkembangan teknologi budidaya lagi mendapat perhatian banyak orang. Mengingat jambu jenis ini selain mempunyai tekstur buah yang lembut dan rasanya yang manis, nilai ekonomisnya juga cukup tinggi. Untuk buah segarnya saja harga per kilo gram nya cukup lumayan. Dengan kisaran harga antara Rp.18.000,- s/d Rp.30.000,- menjadikan tanaman ini menjadi salah satu primadona tanaman buah tropis.

Teknik perkembangbiakan tanaman ini tidak memerlukan perlakuan intensif. Artinya tanaman ini bisa dijadikan sebagai salah satu pelampiasan para pehobi berkebun tanaman buah-buahan.

PROFIL JAMBU JAMAIKA
Jambu Jamaika memiliki tajuk dan daun sama dengan jambu air yang lain. Dahannya cenderung memanjang, lentur, dan menjulur ke segala arah. Daun berwarna hijau tua, dan berukuran besar. Kulit buah berwarna merah muda saat belum matang dan berubah semakin hitam apabila semakin tua. Daging buahnya lebih tebal dari jambu air kebanyakan dan tekstur buahnya lebih halus. Jambu Jamaika vegetatif bisa berbuah saat berumur 9-13 bulan dan jambu Jamaika generatif bisa bebuah saat berumur 2-3 tahun.
Cara Perawatan :
Penyiraman: cara merawat tanaman ini sama dengan merawat tanaman pada umumnya, yaitu disiram dengan air setiap 2 kali sehari, pagi hari dan sore hari, bila terlihat kondisi kering, bila kondisi tanah tanaman masih terlihat basah, maka cukup satu kali penyiraman saja.
Pemangkasan: Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman dengan tujuan sebagai berikut: membentuk tajuk yang ideal, sehingga tanaman Jambu Jamaika bisa tumbuh dengan baik dan rimbun.
Pemupukan dan Penyayatan: tanaman Jambu Jamaika tidak berbuah bisa jadi karena tidak subur atau kekurangan unsur-unsur makro yang dibutuhkan seperti nitrogen, fosfor,kalium. Pemupukan dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan). Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan. Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 – 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 – 10 cm dari dasar tanah.
Pengeringan atau stres air: kekurangan air akan memicu tanaman berbunga. Caranya tunggu sampai tanaman jambu jamaika tidak memiliki pupus daun muda. Kemudian tanaman jambu jamaika tidak disiram selama 2-3 hari. Setelah terlihat layu, tanaman disiram air sebanyak-banyaknya. Jika bunga tidak muncul juga, pengeringan bisa dilakukan lagi. 
(Sumber bacaan : berkahtanimanunggal.wordpress.com)
Bagi yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang tanaman buah jambu jamaika dapat menghubungi :  
Contact Person :
Bp.YOGI 
Melayani : Penjualan buah segar dan penjualan bibit tanaman jambu jamaika (harga bisa nego)
LOKASI KEBUN Kp.Sindanglaka RT/RW  01/01 Desa Sindangaka Kec.Karangtengah-Cianjur

Tlp.0818 219 020

Profil Tanaman Jambu Jamaika di Kebun Sindanglaka- Cianjur 

Buah Segar Hasil Panen 





















Tanaman Jambu Jamaika






















Bibit Tanaman Jambu Jamaika


















Kunjungan Bupati Cianjur ke kebun Jambu Jamaika di Desa Sindanglaka

















Penampang daging buah jambu jamaika