Tanah Airku

Cianjur Gelar Acara Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Padi masih merupakan komoditi andalan Kabupaten Cianjur, seabagai salah satu sentra produksi gabah di Provinsi Jawa Barat kontribusi produksi gabah Cianjur memang menjadi layak untuk di perhitungkan.

Produksi gabah kering giling antara Januari – Februari 2023 Cianjur telah menghasilkan 246.069 ton, dengan jumlah luas tanam mencapai 22.401 ha.



Dalam rangka menjaga ketahanan pangan baik secara regional maupun nasional peningkatan dan perluasan tanaman padi di Kabupaten Cianjur terus mengalami peningkatan. Sebagai salah satu upaya yang diperlu dilakukan adalah menjaga stabiitas produksi dengan intensifikasi pertanaan padi sawah.

Dengan pendekatan pengelolaan tanaman padi terpadu diharapkan dapat mendukung keberlangsungan produksi secara optimal.

Dengan pencanangan Kegiatan Panen Padi Nusantara 1 juta hektar yang dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia. Untuk Cianjur kegiatan tersebut di pusatkan di Poktan Tani Mekar Desa Cibarengkok Kecamatan Bojongpicung Cianjur.

Acara yang dilaksanakan pada Hari Kamis 9 Maret 2023 di helat dengan acara panen padi seluas 240 hektar di Desa Bojongpicung dengan luas lahan sawah di kecamatan Bojongpicung seluas 2661 hektar.

Hasil plot ubinan terhadap lahan sawah yang dipanen menunjukan hasil produksi GKP kurang lebih 6 ton per hektar. Hasil ini belum maksimal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan mendapat atensi dari pihak berwenang dalam hal ini BPP Bojongpicung dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultuta Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur.


Mengingat potensi luas tanam Bulan Maret 2023 seluas 37.634 hektar, diharapkan akan dipanen selama bulan Maret ini seluas 11.172 hektar.

Keluhan petani khususnya berkaiatan dengan sstabilitas produksi ini terkait dengan ketersediaan pupuk, pengendalian OPT, dan system pengolahan lahan yang berimbang masih menjadi kendala.

Diharapkan ke depannya persoalan teknis dan non teknis menyangkut peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kecamatan Bojongpicung dan Kabupaten Cianjur dapat berangsur diatasi.

 

Penyusun.Bid.TP DTPHPKP Cjr.

14/03/23

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cianjur Gelar Acara Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar "

Post a Comment